Imunisasi Pada Saat Kehamian

Hai, banyak sekali artikel bermanfaat di internet yang kita bisa googling untuk mendapatkan informasi mengenai kehamilan. Bijaklah untuk mencerna dan mencermati serta berkonsultasilah dengan dua pihak atau lebih nara sumber. Jangan terlalu menyantap satu artikel dan mendengarkan satu pihak, perluaslah informasi*kudet? aduh semoga saja era membaca dan mencari tahu menular ke aku ya.... hihii sebetulnya lagi malas sekali googling.

Tak ada asap tanpa api *bisa juga sebetulnya asap buatan ya? hihiii, Nah cerita kehamilan pertamaku yang pertama kontrol adalah pada seorang dokter, di sini ceritanya. Oleh beliau aku diberikan rujukan untuk imunisasi TORCH. Dan mungkin saat itu kurang informasi, aku imunisasi di klinik dekat rumah. 

Oiya, TORCH itu adalah imunisasi untuk mencegah Toxoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Ternyata imunisasi tersebut sebaiknya diberikan sebelum terjadinya kehamilan untuk menghindari infeksi *lah akunya jadi rada bingung. Syukurlah semuanya berjalan baik dan sehat. 

Jadi mari yuk, sama-sama untuk membekali diri untuk kehamilan selanjutnya dengan lebih baik. Apa saja imunisasi yang arus dipersiapkan sebelum kehamilan dan imunisasi apa saja yang boleh dilakukan selama kehamilan.

Tetanus Toxoid

Imunisasi untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi yang baru dilahirkan dan juga pada ibu yang baru melahirkan. 
Jadi inget persiapan menikah dulu *dianjurkan untuk imunisasi di Puskesmas terdekat. Imunisasinya ternyata TT to? alasannya ya untuk mempersiapkan kehamilan untuk mencegah infeksi tetanus. 

Pada waktu periksa kehamilan di bidan, aku juga ditanya sudah imunisasi TT belum? dan jika belum maka diberikan dua kali selama kehamilan. Nah, hal ini yang harus aku tanyakan lagi ke dokter atau bidan nich, untuk promilku yang ke dua. 

Sepertinya yang paling penting TT dech, kunjungan berikutnya dokter akan aku tanyakan dech. Lebih baik menggali informasi lebih banyak, kan? 

Salam
Astin

0 comments:

Post a Comment