Sayur Asem Penangkal Mual

Haiii, apa kabarmu dengan mual trimester pertama? bagiku yang melalui kehamilan pertama dengan tanpa mual dan sekarang di kehamilan ke dua ini, aku diberikan nikmat mual dan rasa menggantungkan sesuatu *malas dan ngantuk. Huaaa...seyem sekali ya.

Hari Sabtu, tanggal 18 Januari 2014 aku mengalami mual yang sangat. Aku coba untuk minum susu *P dan makan wafer cokelat. Hm....ternyata langsung muntah, aku mengeluarkan sedikit wafer yang masuk.

Namun setelah itu, aku bisa sarapan nasi dan ayam goreng dengan baik. Alhamdulillah, mungkin dengan muntah tersebut aku bisa menikmati makan, karena rasa mual telah hilang.

Yippiiiii, hari Minggu aku ganti susu dan beralih lagi ke susu ketika kehamilan pertamaku, susu *A. Alhamdulillah rasa enek dan mual yang sering muncul, sedikit berkurang dan aku tidak begitu merasa malas dan ngantukan. Aku semangat menikmati kehamilanku ini, haduuuuh ngaruhkah susu *P itu?

Oke daach, kemarin aku masak sayur asam...pinginnya pedes tapi kasihan anakku *kadang dia suka minta sayur ketika aku sedang makan. Alhamdulillah dua mangkuk sayur asam bisa aku santap.

Resep Sayur Asemku, adalah resep turun temurun dari ibuku.

Bumbu yang disiapkan :
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe merah
  • Tomat
  • Asem jawa
  • Kemiri
  • Garam
  • Gula merah
  • Daun salam
  • Laos
Bahan yang diperlukan :
  • Labu siam
  • Wortel
  • Jagung manis
  • Kacang panjang
  • Kacang tanah sedikit
  • Daun melinjo
  • Melinjo
  • Iga sapi (jika ada)
Cara membuat sayur asemnya ;
  1. Haluskan garam, cabe merah, bawang putih, bawang merah, tomat, kemiri.
  2. Masukkan bumbu ke dalam rebusan iga sapi
  3. Masukkan asam jawa dan gula merah
  4. Masukkan melinjo, wotel, labu, kacang tanah, kacang panjang dan daun melinjo setelah semua bahan keras sudah lunak.
  5. Angkat dan sajikan hangat.
Em....seneng sekali masih bisa masak ketika hamil, memang sih ketika menghabiskannya itu rasanya seperti sedang menyuapi anak kecil yang sedang rewel soal makan.

Semoga, anakku kelak gampang makannnya, aamiiin.

Salam
Astin

0 comments:

Post a Comment