Mual dan Muntah Selama Kehamilan

Hiii, apa kabar? selamat ya untuk kehamilannya....pun semoga lancar dengan promilnya. Bagaimana keadaannya saat hamil muda? adakah mual atau muntah? biasa dikenal dengan morning sick, padahal bisa saja mual kapanpun ya?

Kehamilan pertamaku di usiaku yang ke 27 biasa saja, tak ada mual yang berlebihan dan pernah muntah karena terlalu kenyang ataupun mengkonsumsi makanan yang sangat tinggi seratnya. Bangun pagi yang aku rasakan hanya pusing dan harus mengkonsumsi biskuit terlebih dahulu. 

Menurutku saat ini, mual dan muntah selama kehamilan wajar terjadi pada ibu hamil dan tiap-tiap wanita berbeda tingkat mualnya. Kehamilan pertamaku, bisa dibilang hamil kebo *kata orang, karena tidak menunjukan rasa mual dan muntah serta tetap beraktivitas di dapur.

Dulu aku bandel sekali, naik sepeda motor menyusuri jalanan ibukota bagian selatan, berbelok di setiap rumah sakit untuk bekerja memasarkan produk farmasi perusahaan. Pyuh tetap melakoni pekerjaan domestik, nyapu, ngepel, masak, nyetrika dan beberes rumah. Alhamdulillah di stop sama suami kalau ketahuan saja, hhiii...kata orang tua, hamil itu jangan dibawa malas, dibiasain saja seperti orang tidak hamil. tapi jangan terlalu lelah.

Iyah, jadi nafsu makanku pun ikut bagus, tidak pilih-pilih menu, tidak ini tidak itu, tidak ada dalam kehamilan pertamaku. Iyeees, setiap wanita hamil itu berbeda-beda *kini, merasakannyakah aku?. 

Di lemari es, aku menyiapkan buah potong, syrup dan air dingin. Berangkat bekerja, aku membekali buah potong, biskuit dan nasi putih. Setiap ada rasa mual sedikit, aku makan camilan tersebut, jadi mual yang tadinya ingin menyerang langsung wuuuzzz, kabur. Mungkin itu adalah triknya.

Syrup dan air dingin juga menjadi senjata ketika rasa mual hendak menyerang. Katanya memang tidak boleh, tapi menurutku asal tidak berlebihan mah tidak masalah. Pun dari USG akan terlihat berat badan bayi berapa? jika terlalu besar, waktu itu aku diminta diet gula. *meratapi es cream yang waktu itu dibeli.

Oiya, buah paling digemari selama kehamilan adalah apel. Kenapa? iyaaah mengurangi mual dan enek lo, coba saja. Dan diingat ya, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah yang asam, karena membuat asam lambung naik, mual, muntah bisa dipicu dari asupan buah asam dan juga sambal yang pedas.

Jika mual dan muntahnya berlebihan, konsultasikan ke dokter atau bidan yang menangani kehamilan kalian. Ceritaku muntah ketika hamil dulu? mau diceritaiin?

Suatu malam, aku dan suamiku makan bakso di dekat rumah. Rasa kuah baksonya sangat segar *karena jarang-jarang makan bakso. Isi baksonya masih ada, aku nambah kuah...dua kali dan menghabiskan baksonya. Rasanya enak sekali, pulang ke rumah, sebelum kunci pintu terbuka *hm...keluar semua itu bakso, ada apakah gerangan? mungkin terlalu full aku mengisi perutku.

Satu pelajaran lagi, makanlah sedikit demi sedikit namun sering untuk mengurangi mual. Minumlah vitamin kehamilan beberapa saat setelah makan, jangan terlalu berdekatan. 

Bagaimana serba-serbi mual kalian? pasti seru ya ceritanya, apalagi trik dan tips mengatasinya, pasti berbeda-beda. 

Salam
Astin

0 comments:

Post a Comment